Informasi Gempa Bumi 6.4 SR di Lombok Timur NTB -->

Header Menu

Informasi Gempa Bumi 6.4 SR di Lombok Timur NTB

GEMPA BUMI 6.4 SR DI LOMBOK TIMUR, NUSA TENGGARA BARAT.
Gempa Bumi berkekuatan 6.4 SR mengguncang wilayah pulau Lombok, Pulau Sumbawa dan pulau Bali. Gempa berpusat di 28 km BaratLaut Kab. Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat pada 29 Juli 2018 pukul : 05:47:39 WIB. Gempa berlokasi di koordinat 8.26 LS - 116.55 BT di kedalaman 10km.
*GEMPA BUMI


Menurut Analisa BMKG gempa bumi Lombok merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Naik Flores (Flores Back Arc Thrust). Gempa bumi tersebut dipicu deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan naik (thrust fault).
Sampai sore ini sudah terjadi 133 gempa bumi susulan, Gempa Susulan terbesar berkekuatan 5.7 SR pada pukul 08:50:32 WIB. Gempa dirasakan di berbagai kota /kabupaten di Provinsi NTB dengan rincian : Kab. Lombok Utara dalam Skala MMI VI - VII, Kab. Lombok Barat, Kab. Lombok Timur, Kab. Lombok Tengah, Kota Mataram, Kab. Sumbawa Barat, Kab. Sumbawa Besar dalam Skala MMI IV, Kota Bima dalam Skala III. Gempa juga dirasakan di kota/Kabupaten di Provinsi Bali dengan rincian : Kota Denpasar, Kab. Gianyar, Kuta, Nusa Dua, Kab. Singaraja, Kab. Karangasem dalam skala MMI III - IV.
*KERUSAKAN
Dalam Gempa yang mengguncang Lombok pagi tadi menyebabkan 1000an bangunan mengalami kerusakan berat ataupun ringan.
Daftar kerusakan akibat gempa Lombok :
1. Kabupaten Lombok Timur
Sekitar 1000an bangunan mengalami kerusakan berat ataupun ringan (pendataan masih berlangsung oleh BNPB)
2. Kabupaten Lombok Utara
Data sementara 41 bangunan rusak berat, 74 bangunan rusak sedang dan 148 bangunan rusak ringan.
3. Kabupaten Lombok Barat
Sekitar 2 rumah mengalami kerusakan berat.
4. Kota Mataram
Sekitar 2 rumah mengalami kerusakan berat.
5. Kabupaten Sumbawa Barat
Sekitar 2 rumah mengalami kerusakan berat.
6. Kabupaten Karangasem (Bali)
Sebuah pura Roboh, Kantor pengadilan Agama mengalami kerusakan pada Genteng yang berjatuhan dan sebuah villa di Desa bunutan kecamatan Abang mengalami kerusakan.
*KORBAN
Hingga Sekarang Admin membuat tulisan ini sekitar 15 orang meninggal dan 162 orang luka-luka dengan rincian :
1. Kabupaten Lombok Timur
11 orang meninggal di Kabupaten Lombok timur akibat tertimbun bangunan yang roboh termasuk turis asal Malaysia yang tertimbun penginapan yang runtuh. 67 orang mengalami luka berat dan ratusan luka ringan.
2. Kabupaten Lombok Utara
4 orang meninggal di Kabupaten Lombok Utara. Sebanyak 38 orang mengalami luka berat.
*DAMPAK
Lereng gunung Rinjani mengalami longsor akibat guncangan gempa. Pendakian ke gunung Rinjani ditutup karena jalur Pendakian tertutup material Longsoran.
Kami Admin Info Gempa Dunia mengucapkan Turut Berdukacita dan Berbelasungkawa atas gempa yang melanda pulau Lombok dan sekitarnya. Semoga para korban meninggal diterima di sisi Allah Swt dan untuk korban luka ataupun korban yang kehilangan keluarga dan tempat tinggalnya semoga di beri ketabahan. Al- Fatihah 🙏
**Sumber : BMKG, BNPB, Twitter dan portal media Online lainnya