SD Berprestasi SDN 1 Batu Kumbung Lingsar Lombok Barat -->

Header Menu

SD Berprestasi SDN 1 Batu Kumbung Lingsar Lombok Barat

GIRI MENANG — SDN 1 Batu Kumbung, Lombok Barat melaju ke tingkat provinsi pada lomba perpustakaan. Prestasi tersebut diraih setelah sekolah ini menjadi yang terbaik di Lombok Barat. SDN 1 Batu Kumbung memiliki sebuah ruangan Perpustakaan yang representatif dan dikelola seorang pustakawan sekolah.

‘’Sekarang ini kami lagi mempersiapkan diri untuk tingkat provinsi,’’ kata Kepala SDN 1 Batu Kumbung Elis Rahayu.

SD Berprestasi SDN 1 Batu Kumbung
Untuk diketahui, dalam Undang-Undang Nomor 43 tahun 2007 tentang perpustakaan mengisyaratkan tentang perpustakaan sekolah sesuai dengan standar nasional perpustakaan. Perpustakaan SDN 1 Batu Kumbung dalam operasionalnya belum seluruhnya memenuhi tuntutan  UU tersebut. Sebab, dari beberapa item yang diamanatkan  pasal 23 UU 43 Tahun 2007 itu, baru beberapa item yang sudah dipenuhi oleh Perpustakaan SDN 1 Batu Kumbung seperti dana pengelolaan perpustakaan setiap bulan secara rutin walaupun jumlahnya kecil dan  masih bersifat manual.

Elis mengungkapkan, jumlah koleksi buku 5.528 judul yang terdiri dari  fiksi, nonfiksi, dan buku mata pelajaran.  ‘’Pengunjung perpustakaan dari murid yang setiap hari meningkat dan dari hasil evaluasi mencapai 95 persen,’’ kata perempuan berjilbab ini.

Ditambahkan, koleksi buku dibantu oleh Pemerintah Lobar dan dari donatur. Perpustakaan mengalami perkembangan cukup baik jika dibandingkan dengan sekolah lain di Desa Batu Kumbung. Selain menjadi juara perpustakaan tingkat kabupaten, sekolah ini juga pernah mewakili lomba sekolah sehat (LSS) tingkat nasional.lombok post